DI PERSILAKAN BAGI TEMEN-TEMEN YANG INGIN MEMPOSTING KOMENTAR ATAS ARTIKEL YANG DIPAMPANG DI BLOG INI, SAYA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR DAN MASUKANNYA

Rabu, 25 Februari 2009

Waspada Virus, Bro !!!

Views

Hari Senin kemaren, tanggal 23 Februari 2009, merupakan hari yang memusingkan, bisa dibilang black day, saya tidak bisa berinteraksi dengan blog saya, saya tidak bisa membuka Djarum Black Blog Competition, Djarum Blackinnovationawards yang sedang ramai-ramainya dikunjungi para blogger, yang biasa saya buka ketika menyempatkan waktu buka internet, sebelumnya saya sudah curiga ada sesuatu hal yang aneh yang terjadi dikomputerku, didekstop selalu muncul peringatan dari Winword.exe yang berbunyi “No disk, please insert disk, bla…bla…bla…”, setiap kali saya close, selalu muncul kembali dengan kat-kata yang sama, gejala lain, komputer gak bisa buka taks manager, tidak bisa regedit dll.

Sudah saya cari seharian di “Mbah google” untuk mencari solusi tuh virus, hasilnya nihil, saya coba tanya ketemen-temen dikantor, hasilnya masih sama, kata-kata di tampilan dekstoppun masih muncul terasa sangat mengganggu. Menurut Mbah Google, ciri-ciri dari indikasi tersebut diatas mengarah pada virus Kangen, katanya sih kerjanya menyembunyikan file word yang ukurannya kurang lebih 72 kbmaklumlah keterbatasan saya yang kurang memahami per-virus-an didunia komputer.

Pagi ini saya berinisiatif berkonsultasi ke Bagian IT kantor, sebelumnya saya sedikit pesimis akan hasilnya, tapi setelah bekerja sekitar satu jam-an, alhamdulillah temen saya ini berhasil membersihkan virus tersebut, saya sangat berterimakasih dan patut diacungi jempol atas keberhasilan mengusir virus yang katanya virus lokal ini sehingga saya dapat beraktivitas kembali menunaikan tugas pekerjaan.

Dari kejadian ini, saya mengingatkan diri saya sendiri dan rekan-rekan pengguna komputer dan internet untuk kembali berhati-hati akan ancaman virus baik lokal ataupun bukan, karena data-data penting kita bisa saja hilang begitu saja akibat ulah virus, sebelumnya saya tidak terlalu mempedulikan antivirus, apalagi meng-updatenya, padahal ini sangatlah penting lho, kita tidak tahu kapan virus ini menyerang komputer kita, baik lewat flasdisk, CD, memorycard, external hardisk dan lain-lain yang bisa membawa dan menginfeksi komputer kita.

Sempatkan waktu beberapa saat untuk men-scan virus sebelum menggunakan external hardisk dan sejenisnya digunakan dikomputer kita, dan jangan lupa secara berkala mengupdate antivirusnya, karena menurut berita yang saya baca di internet setiap hari virus komputer itu bertambah, jadi sebaiknya kita selalu berhati-hati akan bahayanya.

Mudah-mudahan info ini berguna bagi rekan-rekan semua, dan menggugah rekan-rekan agar selalu waspada menjaga komputer kita yang berisi data-data yang tidak ternilai harganya, sehingga dapat bekerja dengan baik menyongsong hari esok yang penuh dengan tantangan, selamat bekerja……

Tidak ada komentar:

TAK TERPISAH KITA OLEH WAKTU , DEMI RINDU, CITA-CITA DAN KEBERSAMAAN KITA, MARI MELALUI MEDIA INI KITA BERSUA DIMANAPUN BERADA

Swadaya Corner