DI PERSILAKAN BAGI TEMEN-TEMEN YANG INGIN MEMPOSTING KOMENTAR ATAS ARTIKEL YANG DIPAMPANG DI BLOG INI, SAYA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR DAN MASUKANNYA

Kamis, 29 Januari 2009

Be yourself!, Membangun sebuah Identitas

Views

Apa itu identitas?

Tidak asing lagi ditelinga kita kata serapan ini, jika kita lihat di kamus besar bahasa Indonesia, tidaklah sulit mencarinya, identitas adalah ciri-ciri khusus atau jati diri atau keadaan khusus seseorang, Pentingkah sebuah identitas? Tentulah sangat penting, karena identitas adalah sesuatu yang membedakan dari satu orang dengan orang lain, jika kita tidak ingin menjadi seorang plagiator atau penjiplak, maka jadilah diri sendiri yang menonjolkan identitas Anda yang memang sesuatu yang berbeda dengan orang lain.

Sebagai contoh, kalimat populer yang dilontarkan Gusdur, “gitu aja kok repot” , kalimat ini menjadi salah satu identitas Gusdur, siapa yang mengucapkan atau mendengar kalimat tersebut pastilah terbersit dibenaknya akan sosok Gusdur. Contoh lain dari iklan salah satu produk shampo,”Pake hitam siapa takut” mendengar kata ini tentu sudah terbayang produk shampo tersebut dan bukan produk yang lain.Nah, coba kita perhatikan ketika kita berkunjung dari satu blog ke blog yang lain, tentu kita bisa menilai apakah mereka memiliki identitas sendiri ataukah mereka hanya menjadi plagiator, tapi bisa saja plagiator itu menjadi sebuah identitas, toh kalau memang kebisaannya memang menjadi plagiat. Para Blogger Indonesia sangatlah unik dan kreatif, mungkin karena mereka memang benar-benar berkecimpung didunia blog, sehingga jika saya melihat saya bisa menilai bahwa kreatifitas mereka sangatlah tinggi, berbeda dengan saya sebagai blogger pemula.

DJ BBC alias Djarum Black Blog Competition, satu ajang kompetisi bagi para blogger, tentu sebagian atau mungkin hampir semua blogger tahu kompetisi yang diselenggarakan oleh Djarum Black ini, bagi yang belum tahu silakan kunjungi alamat ini http://www.autoblackthrough.com atau http://www.blackinnovationawards.com , tentu pihak penyelenggara menginginkan identitas yang bertajuk Djarum Black ini akan menjadi ciri khusus atau jati diri yang bisa membedakan baik mebedakan kompetisinya, produknya maupun perusahaannya.

Berbeda dengan identitas daerah, Jam gadang misalnya, jam ini sudah menjadi identitas kuat bagi kota Padang, Tugu Monas orang tentu mengenalnya ibukota Jakarta, Reog ya Ponorogo, Identitas ini bisa digunakan untuk promosi wisata daerah kota tersebut.

Sekarang masalahnya bagaimana membangun sebuah identitas tersebut, bagi pribadi tentu tidaklah mudah untuk melakukan hal tersebut, sedikit ide dari saya diantaranya adalah:
Coba tilik dan tanya pada diri sendiri, siapakah saya? Apa yang berbeda dari saya dengan orang lain kemudian tonjolkan dalam sikap, jadilah diri sendiri dan apa adanya dan jangat dibuat-buat, jangan pernah meniru gaya orang lain, banyak introspeksi dan minta penilaian dari orang-orang terdekat kita, dengan seperti ini tentu orang akan dapat menilai siapakah diri kita yang sesungguhnya. Any idea? Silakan tuangkan idemu dalam membangun identitasmu

1 komentar:

Anonim mengatakan...

baguz sekaali pendapat and tentang apa itu identitas.....

tp semua tulisan itu anda ketik seendirri atw ngejiplak poenya orang laen??????

TAK TERPISAH KITA OLEH WAKTU , DEMI RINDU, CITA-CITA DAN KEBERSAMAAN KITA, MARI MELALUI MEDIA INI KITA BERSUA DIMANAPUN BERADA

Swadaya Corner